Jurnal Ilmiah Islamic Resources, September 2016

PENGANTAR REDAKSI

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu alaikum warahmatullahi wabaraktuh

Syukur alhamdulillah berkat perkenanNya dan kerja keras dari Redaksi Jurnal “Islamic Resources” Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia edisi empatpuluh tiga, ini berhasil diterbitkan. Edisi ini adalah rentang Semester awal 2016/2017.

Penerbitan Jurnal Ilmiah “Islamic Resourses” ini dapat terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak, khusus Pimpinan Fakultas Agama Islam dan para Dosen, untuk itu kami segenap Redaktur menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Demikian pula kepada para dosen yang telah menyumbangkan tulisannya untuk dimuat pada penerbitan kali ini, kami tak lupa mengucapkan terima kasih. Semoga pada penerbitan berikutnya, senantiasa tetap aktif memberikan tulisannya.

Penerbitan jurnal untuk periode September 2016 ini merupakan serial keenam tahun ke tigabelas penerbitan atau volume ke tigabelas nomor 43. Materinya adalah: qunut sebagai karakter kepribadian muslim dalam al-quran, ibadah shalat, hukum Islam antara wahyu dan akal, efektivitas pengelolaan penanganan persampahan kota makassar , beberapa  aspek  perkembangan  anak  dan implikasinya dalam pembelajaran di sekolah, dimensi, pendekatan, dan model  kepemimpinan dalam pendidikan, dinamika perkembangan sosial pendidikan Islam di Mesir (era modern), kepemimpinan kiai dalam mengembankan pendidikan , urgensi  pendidikan agama islam di  sekolah umum, pembaharuan muhammad iqbal, manajemen pembinaan sarjana pengabdi  desa mitra binaan Yayasan Wakaf UMI, dialektika antara adat  dan Islam pada masyarakat bugis, kesabaran dalam perspektif al-quran. Hasil kajian dan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ini telah diseminarkan melalui seminar pengembangan dosen fakultas agama Islam serta partisipasi dari institusi lain dan isinya merupakan tanggungjawab masing-masing penulis.

Penerbitan Jurnal Ilmiah “Islamic Resourses” Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia dimaksudkan untuk mewadahi:

  1. Publikasi tulisan segenap dosen Fakultas Agama Islam UMI dan pihak lain yang berminat memberikan sumbangan tulisannya untuk dipublikasikan.
  2. Transfer informasi dan komunikasi serta hasil-hasil survey/penelitian ilmiah kepada sidang pembaca.

Tentu saja sudah dipahami, bahwa setiap hal pasti memiliki kekurangan,  demikian pulalah penerbitan jurnal ini, tentu memiliki kekurangan. Oleh karena itu saran kritik dari sidang pembaca sangat kami harapkan.

Akhirnya kepada Allah jualah kita serahkan segalanya untuk memberi ganjaran atas hasil karya dan upaya dalam menerbitkan jurnal ilmiah ini.

Makassar, September 2016

Pimpinan Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *