Fakultas Agama Islam, Universitas Muslim Indonesia, menggelar pameran dan unjuk karya hasil kreasi dan inovasi, Rabu (03/06/2022). Kegiatan Pameran Kewirausahaan dan Seni pada kesempatan kali ini di beri tema “Menimbang Waktu, Menata Ruang, Mengukir Prestasi”.

Kegiatan itu diselenggarakan sebagai acara puncak dari rangkaian program mata kuliah Kewirausahaan.

Penanggung jawab kegiatan Dr. H. Martini Halim, M.Pd menjelaskan pameran diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa memiliki jiwa enterpreneur, memahami konsep kewirausahaan, mampu menyusun rencana bisnis, mendapatkan pengalaman langsung berwirausaha serta terbentuknya lingkungan kampus sebagai lingkungan belajar yang berwawasan kewirausahaan.

“Pameran dan unjuk karya seni ini diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi mahasiswa, agar menjadi generasi pencipta lapangan kerja yang tangguh, ulet dan kerja keras,” jelasnya.

Di era milenial, menurut Dr. Martini Halim,M.Pd, mahasiswa dituntut tidak hanya memiliki nilai akademik yang tinggi namun juga perlu memiliki keterampilan vokasional yang dapat dikembangkan melalui program kewirausahaan sehingga terbentuk jiwa-jiwa interpreneur pada semua mahasiswa.

“Melalui pameran dan unjuk karya seni ini, Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia benar-benar bertekad menjadikan wirausaha atau enterpreunership sebagai alternatif jalan hidup,” katanya.

Pameran yang dilaksanakan juga di rangkaikan dengan seminar kewirausahaan yang mengahdirkan pembicara dari Jakarta yang memiliki kompetensi dan kemampuan dibidangnya masing-masing antara lain dr. Yusuf Barhamid, Sp.M, Dr. Andi Agussalim,AJ.,Rosmini Barinong, SE., Dr. Martini Halim, M.Pd., dalam kegiatan yang dilaksanakan juga di hadiri oleh Dekan FAI Dr. Andi Bunyamin, M.Pd, Wakil Dekan I Dr. Syarifa Raehana, M.Ag., Wakil Dekan II Dr. H. Andi Darmawangsa , M.Ag, para ketua dan sekretaris prodi dalam lingkup FAI, kepala-kepala LAB, Ketua PSMF FAI dan juga mahasiswa FAI.

Aneka produk yang dipamerkan berupa hasil kreasi dan inovasi dibidang kuliner dan kerajinan mahasiswa.

“Setiap kelas membuka stand yang menyajikan produk.”katanya.

Melalui pameran ini, lanjut Dr. Martini Halim,M.Pd, mahasiswa dapat belajar mengerti keinginan pelanggan dan terus memperbaiki sistem serta pelayanan untuk membentuk loyalitas konsumen guna meningkatkan brand image usaha, melakukan strategi promosi yang mampu menempatkan produknya menguasai pasar, melakukan promosi below the line untuk menarik konsumen.

Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia sepakat untuk menguatkan hati, membulatkan tekad, dan bergandeng tangan untuk melahirkan generasi-generasi armada masa depan milenial yang berjiwa wirausaha sehingga mampu menyejajarkan ekonomi Indonesia dengan negara-negara lain di panggung dunia.

“Pameran ini menyenangkan dan kekinian. Kami menjadi paham terhadap peluang usaha yang meningkatkan ekonomi,” kata Dekan FAI dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan tersebut.
Dia menambahkan bahwa pameran kali ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dan mengekspresikan melalui karya seninya serta untuk memningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa, selain itu juga untuk meningkatkan jiwa apresiasi mahasiswa dalam berseni yang salah satunya adalah dengan mengadakan pameran. Tambahnya.
umum.

“Pameran kewirausahaan dan seni serta Kelas Wirausaha ini sangat bermanfaat sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan kreativitas para mahasiswa dan meningkatkan jiwa kewirausahaan, sehingga kami sebagai mahasiswa mendapatkan dan mempunyai sebuah pengalaman yang berharga di pameran Kewirausahaan dan Seni ini,” Tutur salah satu peserta.

Leave a Comment