PkM-Pendidikan Karakter Anak Melalui Pohon Cita-Cita

PkM UMI. Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Fakultas Agama Islam yang terdiri dari 2 orang sebagai ketua dan anggota yaitu Dra.Hj.Martini.,M.Pd dan Ratika Nengsih,S.Pd.I.,M.Pd.I. serta beberapa anggota mahasiswa dari Fakultas Agama Islam UMI Makassar melalui Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) UMI Makassar bermitra dengan salah satu panti asuhan di makassar yaitu Panti Asuhan Waturua Timor Timur dengan Tema “Pendidikan Karakter Anak Melalui Pohon Cita-Cita”.

Panti Asuhan ini berlokasi di daerah Antang yang mengasuh lebih dari 50 orang anak yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan juga membina anak muallaf baik dari dalam kota Makassar maupun dari luar kota Makassar.  Panti asuhan ini dibina oleh seorang tentara yang memeluk Islam dan berasal dari Timor Leste.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada anak yatim untuk memupuk cita-cita mereka dengan memberikan motivasi yang tinggi melalui pendekatan psikologis kekeluargaan. Kegiatan edukasi ini melibatkan beberapa pihak, baik pihak dosen maupun mahasiswa serta beberapa pembina. Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, dan akhir kegiatan dilakukan dalam bentuk evaluasi yang dilaksanakan pada tanggal 18 September 2019.

Adapun yang menjadi persoalan yang dialami oleh Mitra adalah kondisi keluarga anak yang tidak sama dengan anak-anak pada umumnya, diantara mereka ada yang tidak memiliki orang tua ditambah dengan kondisi beberapa anak yang berasal dari luar Makassar membuat anak yatim di panti asuhan ini merasa tidak percaya diri dengan kemampuan, minat dan bakat yang ada pada masing-masing anak yang dibawa sejak lahir, sehingga anak yatim di panti tersebut cenderung memiliki karakter anak yang introvert.

Maka dari itu, melalui kegiatan pembinaan ini diharapkan mampu menjadi batu loncatan bagi para pembina untuk mengenal minat dan bakat anak-anak yatim, dan anak yatim telah menanamkan motivasi dan tekat yang kuat untuk meraih apa cita-cita mereka.

previous arrow
next arrow
Slider