Sivitas Fakultas Agama Islam UMI menggelar kegiatan Barazanji dalam rangka tasyakuran menyambut Perhelatan Milad Ke-68 Universitas Muslim Indonesia dan Penerimaan mahasiswa baru Fakultas Agama Islam UMI, Rabu, (22/06/2022).


Dekan Fakultas Agama Islam UMI Makassar Dr. H. Andi Bunyamin, M.Pd dalam sambutannya berujar, dalam rangka menyambut Milad UMI yang ke 68 dan penerimaan mahasiswa baru fakultas agama Islam UMI agar bisa semakin banyak yang mendaftar di UMI Makassar khususnya di FAI UMI maka upaya dan kerja keras perlu dilakukan bukan hanya melalui dunia digital tetapi juga melalui dunia spiritual guna mengetuk pintu langit guna mengundang rahmat Allah agar menggerakkan hati calon mahasiswa baru untuk mendaftar di UMI Makassar.”


Selaras dengan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Agama Islam UMI, Rektor UMI yang dalam hal ini di wakili oleh WR 4 Syekh Dr. KH. M. Zain Irwanto, MA. Juga berpesan bahwa peringatan Milad ini sebagai media untuk menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah SWT. “Sesuai dengan yang termaktub di dalam QS Ibrahim ayat 7″. Syukur harus dijadikan pegangan dan diniatkan dengan lurus agar memberikan nikmat lain di kemudian hari. Selanjutnya yaitu peringatan milad merupakan momentum sebagai media untuk berdakwah.” ungkapnya.

Yang terakhir, Syekh Dr. K.H. M. Zain Irwanto, MA. Apa yang kita lakukan adalah sebagai pembuktian bahwa kita sudah melaksanakan perbuatan amal baik yang dibuktikan dengan melalukan pekerjaan secara ikhlas. Sehingga bisa menjadikan buah dan bekal kehidupan kelak di akhirat,ungkapnya.


Makna dari kegiatan ini merupakan proyeksi bagaimana UMI ingin hadir untuk lebih tangguh dan unggul. Untuk memajukan, membimbing, dan memandu agar terus bisa berkembang. Tentu hal ini tak lepas dari kepercayaan masyarakat yang telah menitipkan putra-putri terbaiknya untuk diamanatkan kepada Universitas Muslim Indonesia untuk menjadi sosok yang betul memiliki nilai karakter, nilai keislaman dan ilmu pengetahuan.


Momentum milad hendaknya dijadikan muhasabah dalam upaya terus meningkatkan kualitas akademik dan Sumber Daya Manusia yang dimiliki. Dalam bidang penelitian dan pengabdian yang dijalankan pun, Universitas Muslim Indonesia Makassar harus menonjol dan ada akselerasi di setiap tahunnya. Nantinya, apabila SDM terupgrade, sinergi dalam hal kerja sama dan pengembangan di era digital ini akan berkembang pesat. “Bukan lagi bersinergi di dalam negeri tetapi harus mengupgrade diri ke kencah internasional.” pungkasnya.

Leave a Comment