Mahasiswa Fakultas Agama Islam yang tergabung dalam Tim kafilah Universitas Muslim Indonesia (UMI) pada Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional ke XVII yang diselenggarakan pada Ahad (03/11/2023) sampai Rabu (10/11/2023) dan berhasil meraih prestasi di antaranya juara harapan 2 pada kategori Hifzhil Qur’an 10 Juz atas nama Ahmad Insan Mubarak (Prodi Pendidikan Agama Islam) dan Juara Harapan 3 pada kategori Qira’at Sab’ah atas nama Muwahhidul Umam Sulaeman (Prodi Hukum Keluarga.

“Apapun raihan dan hasilnya patut kita syukuri, karena kita menekankan kepada para kafilah untuk diniatkan belajar dan mensyiarkan Al-Quran melalui ajang Musabaqah ini. Kalaupun kita mendapatkan juara itu merupakan bonus yang mana suatu kemenangan itu merupakan pemberian dari Allah (hadzamin fadli robbi). Alhamdulillah dari 221 perguruan tinggi se-Indonesia baik swasta maupun negeri kita bisa meraih prestasi yang membanggakan meskipun dengan persiapan yang sangat singkat dibandingkan dengan universitas lain“, ujar Muhammad Syahrul selaku pendamping kafilah UMI sekaligus Wakil Dekan 3 FAI UMI.

Para kafilah UMI merasa bahagia karena telah berhasil mengikuti ajang yang bergengsi dibidang ke Al-Qur’anan tingkat nasional yaitu MTQMN. Bagi para kafilah UMI sendiri, ajang MTQMN ini selain untuk mensyiarkan Al-Quran juga merupakan suatu ajang kompetisi untuk saling bersilaturahmi dan saling unjuk prestasi. Meskipun demikian para kafilah UMI berupaya untuk mengukir prestasi yang lebih baik lagi pada pada kompetensi berikutnya sebagai bentuk dedikasi kepada UMI.

Kemudian, selaku pendamping kafilah UMI pada MTQMN ke-XVII sekaligus Wakil Dekan 3 FAI UMI, Muhammad Syahrul, menyampaikan pesan kepada para mahasiswa yang ada di UMI untuk senantiasa ikhlas belajar dan mensyiarkan alquran terutama yang paling penting dalam mengamalkan nilai-nilai Al-Quran, sebab Al-Quran merupakan media bagi kita umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah. Lalu pesan untuk para kafilah yaitu ketika mengikuti ajang musabaqah diniatkan untuk belajar, meningkatkan skill ke Al-Quranan sehingga banyak evaluasi yang nanti akan kita dapatkan, kita pun juga dapat bersilaturahim dengan peserta yang lain dibidang keAl-Quranan.

Leave a Comment