Kuliah Tamu dan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara FAI UMI dengan FIAI UII Yogyakarta

Menindaklanjuti nota kesepahaman antara Rektor Universitas Islam Indonesia dengan Universitas Muslim Indonesia pada tanggal 18 Juli 2019 Dekan Fakultas Ilmu Agama Islam UII mengadakan kunjungan ke Fakultas Agama Islam UMI Makassar untuk memberikan materi Kuliah Tamu dan Penandatanganan  Memorandum of Agreement (MoA) dengan Dekan Fakultas Agama Islam UMI terkait pengembangan pendidikan dan riset. Berlangsung di Aula Lantai II, Fakultas Agama UMI, Senin (2/3/2020).

Turut hadir dalam agenda kerjasama ini. Dekan Fakuktas Ilmu Agama Islam Yogyakarta, Dr. H. Tamyiz Muharrom MA, turun mendampingi Wakil Dekan II (FIAI) UII Yogjakarta, Dr. Muh Roy Purwanto M.Ag.

Dekan Fakuktas Ilmu Agama Islam Yogyakarta, Dr. H. Tamyiz Muharrom MA mengatakan, nota kesepahaman kerja sama dua fakultas perguruan tinggi untuk kemajuan kampus masing-masing. Fokus pada bidang akademik, penelitian, dan aktivitas tenaga pendidikan.

“Kerja sama di manapun merupakan salah satu strategi kita dalam mengembangkan kualitas pendidikan dan saling menguntungkan antara kami UII dan UMI,” ujarnya.

Tamyiz menulai, kerja sama FIAI UII Jogyakarta dengan FAI UMI Makassar, sangat penting mengingat sistem pendidikan di UMI dan UII tersebut sudah cukup maju. Apalagi kedua perguruan tinggi ini juga telah memperoleh akreditasi institusi unggul A.

Menurutnya, kedatangan dia bersama rombongan pertama silaturahmi, selain itu sama-sama punya visi-misi dan tujuan yang sama untuk mempersiapakn generasi muslim yang unggul dalam memimpin bangsa yang maju.

“Ini tindak lajut dari pertemuan kami sebelumnya. Setelah MoA maka kami tingkatkan riset dan pengembangan riset. Apalagi untuk mempersiapakn generasi muda sebagai pemimpin bangsa dimasa akan datang,” jelasnya. (*)

Pada kesempatan ini. WR II UMI Makassar, Prof Dr. H Salim Basalamah SE, M.Si menyampaikan bahwa UMI sebagai PTS unggul di luar pulau Jawa mempunyai visi-misi yang sama dalam pengembangan riset dan pendidikan.

Oleh sebab itu, kata dia. Maka dilakukan kerjasama ini. Saling tukar pengalaman, semoga smaa-sama membesarkan Universitas. Apalagi sama-sama prioritaskan kampus yang unggul.

“Kita menjalin hubungan seperti ini banyak hal bisa dipetik. Kami bangga UII khusus fakultas ilmu agama Islam kerjasama dengan UMI. Suatu hal yang patut diapresiasi. Kita saling mengisi kekuarangan,” jelasnya.

Diketahui, pada MoA ini. Dilanjutkan denga rangkaian Kuliah Tamu di Fakuktas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *