Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Dr. Wahyudin, Lc., MA dan Dr. Nurfarida Hamid, MA, mengadakan pelatihan peningkatan keterampilan berbahasa Arab bagi siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah DDI Padanglampe yang berlangsung dari bulan September hingga bulan Nopember 2022. Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) UMI Makassar. Kegiatan pelatihan ini mengambil tema: “Pelatihan Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Lewat Pendekatan Metode PAIKEM Berbasis Permainan Bahasa”. Pengabdian ini berlokasi di Madrasah Tsanawiyah DDI Padanglampe yang beralamat di Jalan Andi Torang Desa Padanglampe Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Kegiatan pelatihan ini  diikuti oleh sebanyak 35 orang siswa-siswi Kelas VIII dan dilakukan secara tatap muka (offline) dengan tetap mematuhi dan memperhatikan protokol kesehatan.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini menggunakan dua pendekatan metode yaitu metode ceramah partisipatif dan metode praktek berupa permainan bahasa (al’alab al-lughawiyah). Pada sesi ceramah setelah acara pembukaan oleh pihak madrasah, Tim PKM Dr. Wahyudin, Lc. MA menguraikan tentang urgensi bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari terutama sebagai seorang pelajar muslim, sekaligus menguraikan beberapa strategi dan kiat belajar bahasa Arab yang baik dan menyenangkan. Sedangkan pada sesi praktek pelatihan keterampikan berbahasa lewat permainan bahasa oleh DR. Nurfarida Hamid, MA, para peserta dilatih dan mengenal kosa kata bahasa Arab (mufradat) lewat permainan “tebak gambar” dan dan latihan menghafalkan kata ganti dalam bahasa Arab (Dhamir) lewat kegiatan belajar sambil bernyanyi. Sedang pada sesi kedua setelah istirahat, siswa-siswi DDI dilatih bercakap dan berdialog dengan menggunakan modul percapakan bahasa Arab yang praktis dan sederhana seperti Materi Ta’aruf (berkenalan dan saling sapa) dan mengenali benda-benda terutama yang ada di lingkungan sekolah diselingi dengan kegiatan “ice breaking” bahasa Arab untuk menggairahkan suasana pelatihan. Nampaknya kegiatan ini sangat berkesan dan direspon baik oleh siswa dan guru, dan hal itu terbukti dari semangat dan antusias siswa dalam mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir.

Tujuan dari pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan menanamkan minat belajar bahasa Arab kepada siswa yang selama ini menjadikan pelajaran bahasa Arab di madrasah sebagai beban bahkan momok bagi siswa serta terkesan sulit. Pelatihan ini juga bertujuan memberikan pengalaman baru bagi siswa dalam belajar bahasa Arab dengan pengembangan metode PAIKEM berbasis permainan bahasa untuk merangsang keterampilan berbahasa (Maharah al-Lughah) kepada siswa sekaligus pengayaan metode pembelajaran bahasa Arab bagi guru dan murid, tutur ketua Tim PKM Dr. Wahyudin, Lc. MA. Dalam Sambutannya, Wakil Kepala Madrasah Tsanawiyah DDI Padanglampe al-Ustadz Al-Bahri, S.Pd.I, M.Pd yang didampingi oleh Al-Ustadz Ayatullah Qomeini, S. Pd , dan beberapa guru dan staf madrasah menyampaikan rasa terima kasih kepada LPkM UMI dan kepada Tim PKM FAI UMI Makassar atas kerjasama yang selama ini dibangun sebagai mitra pengabdian dan menitipkan harapan semoga kegiatan semacam ini dapat dilanjutkan di masa-masa yang akan datang.

Leave a Comment