Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia melaksanakan kegiatan Sima’an Al-Qur’an yang bertepatan pada tanggal 10 Ramadhan 1444 H/01 April 2023 M di masjid Umar bin Khattab yang dihadiri oleh Wakil Dekan III FAI UMI Muhammad Syahrul, S.Pd., M.Pd. dan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab H. Abdul Qahar Zainal, Lc,.M.Ed.,Ph.D.

Sima’an (menyimak bacaan Al-Qur’an) merupakan salah satu program kerja dari Departemen Minat dan Bakat Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Periode 2023-2024. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 09.00 WITA hingga waktu Magrib dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama seluruh Mahasiswa HIMDIBA. Jumlah juz Al-Qur’an yang dibaca pada pelaksanaan sima’an mulai dari Juz 1-10.

“Sima’an Al-Qur’an adalah cabang proker dari SBH (Sehat Bersama HIMDIBA), yang dimana dalam Program Kerja tersebut dilaksanakan setiap bulan sekali dengan berolahraga untuk menjaga kesehatan jasmani, namun pada bulan Ramadhan ini pengurus  berinisiatif untuk mengganti kegiatan olahraga tersebut dengan membaca dan menyimak ayat suci Al-Qur’an. Karena selain menjaga kesehatan jasmani kita juga harus menjaga kesehatan rohani pada bulan suci Ramadhan”. Ungkap ketua Umum HIMDIBA Wira Aryadi.

Leave a Comment